Jumat, 14 September 2012

Manfaat dan Hidangan Enak Dibalik Gelinya Ceker Ayam

Ceker ayam, pasti semua orang tau tentang bagian kaki dari ayam ini. Ceker ayam sebenarnya makanan yang bagi sebagian orang di pandang sebelah mata. Kalau di suruh memilih antara ceker ayam dan daging ayam pastinya kebanyakan orang akan memilih daging ayam, betul?. Mungkin karena bentuknya yang kurang menarik atau bahkan karena ceker ayam adalah anggota tubuh ayam yang memang di takdirkan berhubungan atau menyentuh langsung dengan kotoran-kotoran ayam. Bahkan sebagian orang ada yang jijik melihat ceker ayam walaupun belum pernah merasakan nikmatnya ceker ayam, geli katanya? 
Tapi, jika telah mencicipinya akan ketagihan. Kalau mengetahui cara mengolah ceker ayam dan bahkan kandungan nutrisi di dalamnya saya yakin semua akan berfikir berbeda. Dan tidak akan menganggap dan memandang sebelah mata. Adapun kandungan nutrisi pada ceker ayam yang sangat bagus untuk tubuh kita, sebagai berikut:

- Kandungan Zat Kolagen (chicken collagen extract) 
Pada ceker ayam setara aktivitasnya dengan obat antihipertensi golongan ACE-inhibitor. Kolagen ceker ini bisa menurunkan kadar renin dalam plasma sehingga tidak mengungkit tekanan darah menjadi lebih tinggi. Penderita hipertensi sangat dianjurkan mengonsumsi ceker ayam.
- Kandungan zat kapur dan sejumlah mineral
Dalam kandungan ini sehingga orang yang menderita rematik dianjurkan makan ceker ayam. Yang jelas, makan ceker ayam secara rutin mulai dianjurkan bagi penderita rematik.
- Kandungan Hydroxyapatite 
Merupakan salah satu makanan untuk tulang. Karena itu mengkonsumsi ceker ayam selain dapat memelihara kekuatan tulang, mencegah osteoporosis dan juga menjaga elastisitas kulit.
- Kandungan Protein Kolagen 
Ceker ayam juga sangat bagus buat pertumbuhan balita karena terdapat banyak kandungan protein kolagen. Mengapa sangat bagus? Karena protein kolagen ayam memiliki antigen yang bersifat imunogenik yang mampu menghasilkan antibodi.

Nah, mungkin sudah cukup jelas tentang kandungan nutrisi pada ceker ayam ini. Adapun olahan-olahan yang sangat enak dan lezat berbahan dasar ceker ayam. Seperti berikut ini:

Ceker Ayam Asam Manis

Ceker Ayam Tumis Sawi Asin

Ceker Ayam Telut Puyuh

Ceker Ayam Tausi

Ceker Ayam Tauge Tahu 

Semur Ceker Ayam

Sop Ceker Ayam

Ceker Ayam Saus Tiram

Ceker Ayam Presto

Mie Pangsit Ceker Ayam

Ceker Ayam Cabe Rawit

Ceker Ayam Bakar

Ceker Ayam Cabe Merah

Dim Sum Ceker Ayam

Ceker Ayam Goreng

Ceker Ayam Hot Spicy

Ceker Ayam Kecap

Keripik Ceker Ayam 

Ceker Ayam Merah

Ceker Ayam Panggang

Mie Ceker Ayam 

Diatas mungkin hanya beberapa hidangan yang ada. Masih banyak hidangan-hidangan menarik lainnya. Itu bagaimana kita mengkreasikannya ke dalam suatu masakan. Ada pepatah bilang "Jangan menilai buku hanya dari sampulnya, tanpa melihat bagaimana isinya". Sama halnya dengan ceker ayam ini, jangan menilai dari bentuk luarnya saja tanpa tau manfaat nutrisi kandungan dan rasanya. Try it! tidak ada salahnya mencoba. Right?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar